Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang – Mukomuko, – menjelang hari raya kurban, penduduk mulai mencari hewan kurban. Situasi ini berpotensi meningkatkan harga sapi dan kambing secara signifikan, meskipun masih stabil hingga saat ini. Sapi saat ini dihargai Rp 10-11 juta. Salah seorang pedagang sapi di Desa Ujung Padang, Hendra S (36), mengatakan harga sapi saat ini stabil meski mendekati Idul Fitri. Harga hari ini masih sama, di tingkat petani dan di tingkat penggembalaan.

“Saat ini, kalau stabil, belum ada kenaikan harga. Tapi daya beli masyarakat tinggi, buktinya saat ini ada sekitar 20 jiwa, kemungkinan nanti akan meluas ke Aha Bair,” jelasnya kemarin (3/7) Selasa. .

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Ia melanjutkan, kenaikan harga hewan kurban biasanya terjadi beberapa minggu menjelang Idul Adha dan mencapai antara 12,5 juta rubel hingga 13 juta rubel per hewan. Dia mengungkapkan, harga hewan kurban masih tergolong murah karena harga hewan kurban di luar kabupaten mencapai Rp 15 juta per ekor. Harga yang murah karena masih banyak warga yang memelihara hewan ternak, sehingga pasokan produk hewani banyak.

Banjar Lebah Siapkan Perlindungan Pengungsi Dan Sapi

“Harga kurban masih stabil, mungkin karena stok sapi masih banyak. Buktinya masyarakat dari Sumbar (Sumbar) dan Sungai Fuli datang ke Mukomuko hanya untuk mencari hewan kurban,” pungkasnya. Segera isolasi sapi yang menunjukkan gejala penyakit mulut dan kuku (PMK) agar tidak menulari hewan lain.

Kepala Dislutkannak Batang Windu Suriadji mengatakan, sebelumnya ada enam sapi peruntukan PMK di Desa Rovobelang dan Desa Rejosar Barat.

“Kemarin Balai Besar Kedokteran Hewan Wate Yogyakarta melakukan uji klinis pada sapi-sapi yang telah ditentukan, empat hari lagi akan diketahui hasilnya,” ujarnya usai meninjau kondisi sapi-sapi tersebut di Peternakan Lembu Jaya, H. Sutopo, Desa Rowobelang. , Kabupaten Batang, Selasa (17/05/2022).

Dia membenarkan bahwa PMK tidak mengidentifikasi H. Ternak Sutopo, jadi masih aman. Namun, kemajuan harus terus dipantau.

Pasar Pasar Hewan Ternak Terbesar Di Indonesia

“Besok, kami akan segera membentuk tim unit tanggap cepat penanganan MMD di tingkat Kabupaten Batang, menjalin kerjasama antara instansi terkait, termasuk Kodim Batang dan kepolisian, agar tidak ada hewan yang tertular sebelum lebaran. al-Adha.” FMD,” katanya.

Sebagai antisipasi, Dislutkannak akan mengajak peternak dan pedagang untuk menyediakan tempat isolasi sapi dengan sebutan PMK.

“Kalau jumlahnya tidak melebihi 10, masing-masing peternak bisa diisolasi, jadi tidak perlu ke Kumesu Reban, cukup ke Kota Batang saja,” ujarnya.

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Virus ini dapat menyebabkan kematian sapi hingga berumur satu tahun. Dan untuk sapi yang berumur lebih dari satu tahun, jika daya tahan tubuhnya baik maka sapi bisa sembuh dengan sendirinya.

Kaltim Datangkan 2.000 Sapi Asal Australia

“Kalaupun tidak menular ke manusia, bisa menjadi carrier. Ketika baru merawat hewan yang sakit dan segera merawat hewan yang sehat, maka bisa menularkan PMK,” jelasnya.

Ciri-ciri hewan yang terindikasi PMK adalah: suhu 40⁰ Celcius, mengeluarkan air liur terus menerus, bercak putih di mulut dan retakan di kuku.

Dia menyarankan perusahaan peternakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari membeli sapi dari daerah rawan penyakit mulut dan kuku.

“Jangan mudah terkecoh dengan harga sapi yang murah. Untuk mencegahnya, kami mengaktifkan penyemprotan cairan disinfektan di pasar hewan dan menutup sementara Rumah Potong Hewan (RPH) di Limpong untuk mengurangi penyakit mulut dan kuku,” jelasnya.

Aceh Tamiang Kirimkan 5 Ekor Sapi Pada Expo Peternakan Se Aceh Tahun 2019.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan, menyusul merebaknya PMK di beberapa daerah, berdasarkan pantauan dan informasi dari masyarakat Bhabinkamtibmas dan Babinsa, ada indikasi masuknya virus tersebut ke Kabupaten Batang.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menghadapi PMK karena pihak Polsek bersama Kodim dan Dislutkannak berusaha menghentikan dan menanganinya agar tidak menulari ternak lainnya.

“Kami akan bergerak bersama unit reaksi cepat untuk membantu para pelaku usaha peternakan. Di sisi lain, Gabungan Pelaku Industri Peternakan juga harus bersatu untuk memberi tahu kami jika ada petunjuk agar kami bisa menanganinya. cepat,” katanya.

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

“Banyak pihak yang akan terkena dampaknya, termasuk kerugian. Selain itu, manusia bisa menjadi pembawa virus, jadi laporkan jika ada yang membawa ternak ke dokter hewan untuk segera diperiksa, jika dipastikan aman, semua juga nyaman,” ujarnya.

Pemkab Bangkalan Terjunkan 8 Dokter Hewan Awasi Penyebaran Pmk Sapi

H. Sutopo, salah satu peternak sapi Lembu Jaya di Desa Rovobelang mengatakan langkah preventif dilakukan dengan memantau ternak setiap hari.

“Ciri-ciri mulut sapi seperti borok atau demam pada kaki. Untuk pengobatan, saya panggil dokter hewan untuk memberikan vitamin,” ujarnya.

Ia memastikan sapi-sapi miliknya tidak ada tanda-tanda PMK. Ada 59 jenis Limousin, Brahman, Suminthal, Ongole Ras Peranakan, Brahman Cross.

“Saya membeli dari peternak Jepara dan Blora karena kedua tempat tersebut tidak terjangkit PMK. Setelah Lebaran, harga jual naik Rp 500.000 menjadi Rp 1 juta, sementara sapi tidak tertular, harganya tetap stabil. Katanya (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi/toeb), Jakarta – Mereka yang menjual hewan kurban akan menikmati keberkahan yang melimpah saat perayaan Adha Bairim 2022. Sampai sekarang masih ada penyakit mulut dan kuku (PMK), penjualan mereka masih cukup bagus.

Harga Sapi Kurban 2022 Archives

Salah seorang penjual hewan kurban yang mendapat berkah tersebut adalah Khoir Afandi (52). Seorang pedagang yang membuka lapak di Tebet, Jakarta Selatan, mengaku harga sapi naik karena peternak dan distributor akan membayar lebih untuk menggunakan jasa dokter hewan dan membeli obat untuk melindungi ternaknya dari PMK.

“Jadi mereka harus membayar lebih untuk tahun ini,” tegasnya kepada Merdeka.com di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (7/10/2022).

Dia mencontohkan, untuk sapi kurban di wilayah usahanya dijual Rp 19 juta hingga Rp 35 juta per ekor. Sedangkan harga kambing mulai dari 2,5 juta rubel hingga 6,5 ​​juta rubel per ekor.

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Selain kenaikan harga, wabah PMK juga membuat sapi potong sulit didapat tahun ini. Ini karena distributor memilih mengurangi pembelian untuk mendahului PMK dengan menawarkan sapi.

Peternak Sapi Lampung Tengah Nikmati Harga Tinggi

Karena itu, dia berharap pemerintah dan instansi terkait segera turun tangan untuk menekan penularan PMK. Dengan begitu, pasokan sapi kurban akan tetap tersedia.

* Kebenaran atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarkan, silakan hubungi WhatsApp Fact Checker di 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Saat Aha-Bairm mendekat, daging Alquran menjadi semakin diminati. Namun tidak sedikit yang mengkhawatirkan konsumsi daging akibat penyebaran PMK. Saat ini sudah ada fatwa MUI terkait keabsahan daging kurban dan anjuran penanganan daging yang dibahas oleh Juliana Von…

Pekerja membawa kambing kurban ke Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta, Rabu (6/7/2022). PT Surya Citra Media (SCM) menyerahkan beberapa hewan kurban kepada masyarakat sebelum Adha-Bair, tahun ini SCM menyerahkan 65 hewan kurban. Adapun 65 ekor hewan kurban terdiri dari 8 ekor sapi dan 57 ekor kambing. (/Anga Yuniary)

Permintaan Pijat Sapi Meningkat Menjelang Idul Adha

Menjelang Aha Bayram, penjualan hewan kurban terus meningkat. Seorang pedagang kambing di Walang Baru, Koja, Jakarta Utara, mengatakan penjualan hewan kurban tahun ini meningkat dua kali lipat.

Sabtu pagi ini (9/7) ia menjual 60 ekor kambing. Hanya 30 ekor kambing lebih banyak dari penjualan tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun ini terjual 60 ekor kambing, tahun lalu hanya 30 ekor yang terjual,” kata Ilyas kepada merdeka.com, Jakarta, Sabtu (9/7).

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Dengan modal Rp 150 juta, tahun ini Ilya hanya menjual kambing dan domba. Rata-rata harga hewan yang dijual berkisar Rp. 2,5 juta rupiah. 4 juta. Harga telah meningkat sekitar Rs 175.000 per kepala.

Peternak Minta Bibit Sapi Lokal

Menurut Ilya, penjualan tertinggi terjadi saat H-3 Lebaran atau Kamis lalu. Karena itu, dia tidak merinci jumlah kurban yang terjual.

– Yang kemarin paling tinggi D-3, tapi sejauh ini masih banyak yang terbaca. Kami juga buka sampai malam takbiran, ujarnya.

6 karyawan membantu Ilyas selama Aha-Bairm. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga, memberi makan dan mengangkut hewan kurban ke tempat pembeli.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyumbangkan seekor sapi untuk disembelih pada Adha Bayrim 1443 di Masjid Istiklal Jakarta, Minggu, 10 Juli 2022. Dengan cara itu, Jokowi menyumbangkan 35 ekor sapi pada Adha Bayrim 2022.

Bahaya! Wabah Pmk Terus Menyebar Jelang Idul Adha 2022 Halaman 1

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi membagikan 34 ekor sapi ke setiap provinsi di Indonesia. Sementara itu, 1 ekor sapi dibagikan ke Masjid Istiklal.

“Tentunya sesuai petunjuk beliau dan Istiklal juga kami berikan setiap tahun, kecuali masjid yang ditunjuk gubernur,” jelas Heru kepada wartawan, Jumat (7/8/2022).

Menurut dia, sapi kurban Jokowi rata-rata berbobot 800 kilogram hingga 1 ton. Namun menurut Heru, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima sapi kurban seberat 1,4 ton.

Harga Sapi Naik Para Peternak Menyambut Dengan Senang

Menurut Heru, pihaknya telah meminta kepada gubernur masing-masing provinsi untuk memutuskan masjid mana saja yang akan menerima sapi kurban Jokowi. Menurutnya, hampir semua kegubernuran juga menyediakan sapi pendamping.

Siaran Pers Arsip

“Maksudnya Pak Presiden kasih sapi, terus ada 30 sampai 48, 50 ekor sapi dari gubernur dan jajarannya,” kata Heru.

Dia meyakinkan pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan sapi yang dibagikan dalam keadaan sehat. Terutama bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Terkait prosesnya, dan kita tahu ini tentang PMK, kita pantau bersama gubernur untuk memastikan sapi yang akan dikurbankan sesuai dengan karakteristik kesehatan yang ditetapkan oleh kementerian terkait,” pungkas Heru.

FYI, pembagian hewan kurban memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan Jokowi setiap kali menyambut Idul Adha. Pada Adha-Bair 2021, Jokowi menyerahkan 34 ekor sapi ke seluruh provinsi dan menyumbang 1 ekor ke Masjid Istiklal di Jakarta.

Kapal Ternak Mulai Rutin Bawa Sapi Ke Jakarta

Seperti diketahui, pemerintah resmi melantik 1 Dzul Hijja 1443 Masehi

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *