Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing – Kambing memang lebih populer dari pada sapi, selain daging sapi, daging kambing juga banyak penggemarnya di kalangan masyarakat kita.

Bisa dibuat dengan nasi, sop, gulai, tongseng, sop, nasi kambing goreng dan cabouli kambing. Slurp… Memikirkannya saja sudah membuatku merinding.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Dengan semakin banyaknya penggemar dan daya beli masyarakat, permintaan daging kambing di Indonesia semakin hari semakin meningkat.

Ternak Kambing; Cara Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Ekonomi Masyarakat Dusun Borongbulo Gowa

Selain itu, dalam budidaya kambing tidak hanya daging kambing, tetapi juga susu dan kotorannya dapat dijual untuk digunakan di pabrik pupuk.

Sebenarnya beternak kambing tidak terlalu sulit, namun perawatan dan perhatian yang tepat akan memberikan hasil yang bagus.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mulai beternak kambing? Artikel ini akan membahas beberapa hal yang harus kita perhatikan agar anak kita dapat memenuhi kualitas dan kuantitasnya.

Jika Anda ingin beternak kambing, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas kandang yang digunakan untuk kambing tersebut.

Kiat Sukses Cara Ternak Kambing Atau Domba Modern

Pastikan kandang yang kita buat memiliki kualitas yang baik, yaitu: kambing di kandang mudah dipantau, pakan mudah, kambing harus aman dan kuat.

Untuk menghindari bau tak sedap yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kabin tempat Anda ingin bekerja sebaiknya berjarak 10 meter dari rumah.

Jika terdapat lubang di dasar kandang untuk menampung tanah, hindari kontak langsung dengan tanah yang dapat terkontaminasi penyakit.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Dasar kandang digali sedalam 20 cm di bagian pinggir dan 30-50 cm di bagian tengah, kemudian dibuatkan saluran yang mengarah ke tangki kotoran yang dapat diolah dan dijadikan kompos.

Cara Sukses Budidaya Kambing Etawa Bagi Pemula, Jadi Peluang Usaha Potensial Loh!

Kambing umur 1 tahun, jika kambing masih muda dan menyusui, memelihara kambing umur 2 tahun.

Kandang dan lingkungannya tidak boleh basah dan tanpa air terus-menerus agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk atau hewan lain yang dapat menggigit dan menghisap darah kambing.

2 jenis kambing yang banyak diternakkan dan digemari yaitu kambing Kakang atau biasa disebut kambing jawa dan kambing etawah.

Tubuhnya kecil dan relatif kecil, telinganya pendek dan lurus, pria dan wanita memiliki dua tanduk, lehernya pendek dan punggungnya panjang, warna bulunya berbeda, ada yang hitam, hitam, merah o . Belang hitam putih dan rasa kambingnya juga enak. Kambing jenis ini mudah dipelihara, karena memiliki kekebalan tubuh dan persentase reproduksi yang baik.

Prospek Usaha Ternak Kambing Aqiqah, Berikut Stepnya

Sedangkan kambing etawa berukuran tinggi dan besar serta telinganya lebih rendah 15-30 cm.

Hidungnya melengkung di bagian atas dan warna bulunya bervariasi antara hitam, putih dan hitam yang umum.

Kambing jantan memiliki bulu yang lebih tebal dan panjang di bawah bahu dan leher, sedangkan kambing betina memiliki bulu yang lebih panjang di bawah ekor.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Setelah mengetahui jenis kambing yang akan diternakan, anda perlu teliti untuk memilih jenis kambing yang terbaik, dan tentunya anda tidak ingin salah memilih kambing yang sakit dan tertular.

Rantai Pasok Pada Peternakan Kambing

Kambing yang dijadikan bibit harus berumur 4 bulan, karena dengan begitu kambing fokus membuat daging, dan mudah berkontraksi.

Mulut bersih dan hidung bebas dahak pertanda kambing tidak sakit, anus bersih. Garis pinggang dan tulang belakang lurus, tidak bengkok.

Usia terbaik untuk penggemukan adalah 8-12 bulan. Tubuhnya juga normal, tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk/gemuk. Anda harus memilih ekor yang lebar, bukan cambuk.

Rumput penting dalam penggemukan kambing, yaitu cara beternak kambing terlebih dahulu untuk menurunkan berat badan kemudian menaikkan berat badannya melalui penambahan daging.

Bekas Pengurus Akaun Ternak Kambing Secara Komersial

Makanan kambing biasanya berupa sayuran hijau seperti: rumput, daun lambdoro, daun thuri, daun kentang, protein, daun nangka dan daun pepaya.

Namun sebelum memberikan daun hijau tersebut kepada kambing sebaiknya dijemur atau dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 jam untuk menghilangkan kemungkinan adanya racun berbahaya pada daun hijau tersebut.

Selain itu, kambing dapat diberi makan rerumputan (gandum, kedelai, beras, tebu atau tanaman lain), sekam akar (seperti kulit tapioka, ubi jalar) dan kulit kacang (seperti kulit kacang atau biji kopi). , dan sisa sayuran di pasar.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Beli di toko makanan hewan atau bandingkan tepung beras, bubur tahu dan tapioka tumbuk.

Modal Ternak Kambing Pemula Dan Potensi Usahanya

Campuran bahan-bahan tersebut harus mencapai 3 kg, karena itulah yang harus dimakan kambing per hari.

Kambing diberi makan dua kali sehari pada pukul delapan dan sepuluh. Sayuran berdaun hijau – Tidak disarankan untuk diberikan bersamaan, karena nutrisinya berbeda.

Disarankan agar nutrisi diberikan pada saat kambing masih banyak makan rumput, tetapi tidak cukup. Jangan lupa minum air putih yang banyak sekitar jam 3 sore.

Selain rerumputan, sayuran berdaun hijau juga ditawarkan. Kambing selalu membutuhkan pakan pendamping dan nutrisi daging sapi yang tidak terdapat pada 3 jenis pakan sebelumnya.

Panduan Memulakan Bisnes Kambing

Kambing yang ingin kita ternakkan membutuhkan suplemen dan vitamin yang tidak tersedia dalam makanan sehari-harinya.

Penyerapannya dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yang pertama vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam air adalah C dan B kompleks, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah A, D, E dan K.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Kambing dapat diberi pakan yang mengandung asam amino esensial untuk membangun sel dan organ tubuh, vitamin lengkap untuk menunjang daya tahan tubuh, dan mineral pelengkap (N, P, K, Ca, Mg, Cl, dll) seperti komponen tulang dan darah. , proses metabolisme dalam tubuh.

Panduan Ternak Kambing Pemula, Cuan Dengan Modal Hanya Rp9 Juta!

Berikut adalah beberapa merek vitamin dan suplemen paling populer di pasaran:

Simontok Organik : Merk ini mengklaim mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menambah bobot kambing, menambah nafsu makan kambing, mengurangi efek bahan kimia dan meningkatkan ketahanan terhadap hewan.

SOC HCS : Produk ini banyak tersedia di pasaran dan sangat laris dengan harga yang sangat bersaing, suplemen ini berguna untuk kambing yang mengalami kegemukan. Dapat digunakan pada hewan ternak lainnya seperti ayam dan sapi.

Paket NASA : Paket 3 botol, 1. POC NASA 500cc, 2. Harmonic 100cc, dan Viterna 50cc, harga per pack Rp 130.000. NASA mengatakan vitaminnya membantu kambing tetap sehat selama musim kawin, ketika kambing cenderung bertambah berat karena nafsu makannya meningkat.

Aplikasi Ayoternak.id Sambungkan Langsung Peternak Dengan Pembeli

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memiliki lingkungan yang bersih dan sehat untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang kambing kita.

Dari pengalaman, Anda tahu bahwa dengan menjaga kebersihan, menyediakan pakan yang baik dan perawatan yang tepat, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap dari kandang dan badan kambing.

Kambing yang diduga terkena penyakit bulu terlebih dahulu harus dibasahi dan disemprot dengan larutan sabun karbon 5%, Nequon, Pacticol Bur, Tridex atau Garnet dengan takaran 4,5 g dalam 3 liter air.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Untuk membunuh gulma pada kambing, mandikan dengan 3-6 gram obat dasar asundol yang dilarutkan dalam 3 liter air.

Memilih Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Berbagai jenis penyakit sering menyerang kambing: parasit (cacing, cacing, cacing), bakteri (anthrax, busuk, influenza), penyakit virus (orf), keracunan sianida, kudis dan penyakit lain seperti aborsi. Jika tidak segera diobati, bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu perlu adanya pengawasan atau pengendalian terhadap hewan tersebut agar bila ditemukan tanda-tanda penyakit pada kambing kita.

Jenis penyakit dan cara pengobatannya bisa segera ditentukan agar tidak menular ke kambing.

Setelah perawatan, perawatan dan pemeliharaan yang baik dan benar, kambing tumbuh hari demi hari dan cukup umur untuk kawin.

Manajemen Usaha Beternak Domba

Biasanya kambing siap kawin pada umur 8-10 bulan, gejalanya: gelisah, kemaluan merah dan bengkak, ekor bergoyang, dan kehilangan nafsu makan.

Setelah kawin, kambing bunting selama 5-6 bulan dan kemudian harus menghadapi masalah melahirkan.

Tanda-tanda kambing mau melahirkan perlu kita perhatikan, biasanya kambing akan merebahkan diri di kandang dan tenang.

Langkah Awal Jika Ingin Beternak Kambing

Saat ini, kita juga harus mengikuti program KB untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu.

Cara Mudah Dan Aman Siapkan Dana Untuk Beli Hewan Kurban

Dengan pengelolaan yang baik, kambing akan melahirkan 1-4 ekor anak kambing setiap 7 bulan sekali.Setelah 1 bulan beranak, induk kambing sudah bisa mengawinkan kambing jantan.

Pastikan bayi menerima ASI agar bayi mendapatkan ASI yang cukup.

Jika sudah, bayi bisa diberikan susu buatan. Umumnya kambing disapih setelah 3-4 bulan.

Kambing umur 10 bulan ke atas sudah siap panen. Baca: Masa dan Pola Kehamilan pada Kambing

Mengintip Keuntungan Dari Usaha Peternakan Kambing

Karena kematian kambing hampir 0% dalam budidaya kambing, yang penting kita tidak mengabaikan dan mengikuti aturan yang ada, jangan terlalu banyak tes atau penelitian, situasinya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *